Wednesday, May 9, 2018

Cara Sharing Printer Lengkap Dengan Gambar

Sharing Printer adalah  suatu cara atau langkah untuk menghubungkan suatu printer ke beberapa komputer (one to many), tapi dengan syarat semua komputer dan printernya ada didalam satu jaringan yang sama maka baru bisa melakukan sharing printer.

Nah tujuan Sharing atau Berbagi Printer apa?

Tujuan sharing printer ialah untuk menghemat biaya dalam pengadaan printer, karena satu printer bisa digunakan oleh beberapa komputer untuk melakukan pencetakan. 

Semisal didalam sebuah kantor ada satu ruangan, dan didalam ruangan tersebut ada 10 komputer aktif, dan setiap komputer dipasang satu printer, sementara tiap komputer tidak setiap menit,jam melakukan printing, kan rugi. Mending 1 atau 2 printer untuk 10 komputer. Toh jika ada yang bersamaan ingin melakukan print, printernya gak bakalan error atau rusak.

Sharing printer ini bisa dilakukan melalui jaringan kabel LAN atau juga bisa melalui jaringan wifi. Intinya setiap komputer yang ingin menggunakan sharing printer harus terhubung dan memiliki koneksi baik dengan komputer si pembagi printernya.


Dibawah ini merupakan langkah atau cara sharing printer ke komputer lain, oia langkah-langkah ini sesuai dengan Windows 7 (seven) keatas. Karena  untuk windows xp memiliki perbedaan (hanya sedikit). Langsung saja simak guys.

Hal pertama yang harus anda pastikan bahwa printer yang akan anda sharing sudah terinstal drivernya didalam PC anda. Kalau belum, ya silahkan instal dulu.

Selanjutnya adalah mengaktifkan File and Printer Sharing, caranya anda masuk ke control panel, kemudian pilih Netwotk and Internet, kemudian pilih Network and Sharing Center



Setelah anda klik Network and Sharing Center, pada bagian kiri ada “Change Advance Sharing Settings”, anda klik itu. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini



Pada gambar diatas, aktifkan “Turn on file and printer sharing”, nah tujuannya adalah untuk mengkatifkan sharing printer supaya komputer lain bisa mengakses file maupun printer yang anda sharing.

Langkah kelima adalah mengnonaktifkan password sharing



Jika pada bawaanya sudah dalam keadaan Turn of password protected sharing, biarkan saja. Namun jika anda ingin mengkatifkan password proteksinya ya silahkan. Tujuan mengaktifkannya adalah supaya tidak sembarangan orang bisa mengakses file maupun printer yang kita sharing, dan jika kita off kan proteksinya, maka setiap komputer yang satu jaringan dengan kita akan bisa mengaksesnya, ini adalah pilihan yang “Opsional” bisa tidak, bisa iya.

Setelah anda melakukan langka diatas itu berarti anda telah mengaktifkan file and printer sharing saja,belum melakukan sharing. Dan langkah keenam dan selanjutnya anda bisa melakukan sharing. Dengan cara anda masuk ke control panel, pilih “Hardware and Sound”, kemudian pilih “Device and Printer”


Kemudian pilih printer yang akan anda sharing, klik kanan dan pilih See what’s printing, kemudian akan muncul sebuah tampilan. Dan pada bagian atas pilih menu printer, dan pilih sharing..

Pada tab Propertis, pilih menun sharing, kemudian pilih “Change Sharing Options”

Centang “Share this printer, kemudian masukkan nama printer yang akan anda sharing, klik Ok.

Sampai langkah ini anda telah melakukan sharing printer atau berbagi printer, kemudian bagaimana cara mengaksesnya dari komputer lain? Simak langkah-langkah dibawah ini.

Ada dua cara untuk melihat printer yang disharingkan, 

Pertama, anda bisa masuk ke yang dilingkari merah diatas, disini anda hanya perlu nama pc yang melakukan sharing, anda buka  dan pasti anda menemukan Divice yang disharing
Kedua,anda masuk ke windows explorer,kemudian mengetikkan alamat Ip Addres pada addres bar, maka akan terlihat apa saja yang telah disharing.

Jika ada printer yang disharing, klik kanan printernya, kemudian pilih Connect, tunggulah sampai proses selesai.

Jika proses sudah selesai, selanjutnya anda bisa melakukan print menggunakan printer sharing tersebut, anda dapat mengenali printernya dengan Alamat Ip si pembagi printer yang ada disebelahnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara sharing printer, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan....

Recomended :

Buat Installer Semua Windows Dengan Flashdisk

1 comments so far

Terimkasih.. tutorialnya sangat membantu saya dalam melakukan sharing printer di windows 10


EmoticonEmoticon