Thursday, May 3, 2018

Cara Mengatasi Laptop Macet atau Ngelag Saat Dihidupkan

Hello semuanya... kali saya akan membagikan cara mengatasi komputer dan leptop yang not responding atau ngealg pada saat dihidupkan. 


Pastinya sebagian besar anda yang sering menggunakan komputer atau laptop pernah mengalami yang seperti ini, apa lagi komputer atau laptop yang jadul atau yang memiliki spesifikasi ya bisa dibilang kurang mumpuni.

Tapi jangan salah, laptop atau komputer yang mempunya spesifikasi yang cukup bahkan sangat cukup juga bisa mengalami ngelag atau not responding pada saat baru dihidupkan.

Nah permasalahan ini akan membuat kita merasa tidak nyaman dalam memakai barang elektronik tersebut, mungkin sekali-sekali ingin membantingnya karena terbawa emosi. Untuk itu kita cari tau terlebih dahulu nih apa sih penyebab laptop macet pada saat dihidupkan.

Ada banyak penyebab laptop menjadi macet pada saat baru dihidupkan, nah ada 2 jenis masalahnya yang paling mudah ditebak, yaitu permasalahan hardware dan software.

Indikasi laptop atau komputer macet pada saat dihidupkan, pada  awal anda menghidupkan laptop atau komputer, semua berjalan lancar, namun pada saat memasuki bagian startup loading begitu lama, bahkan terkadang loadingnya tidak bergerak sama sekali (not responding) sehingga pilihan selanjutnya anda akan menekan tombol power lama-lama sampai komputer mati dan mencoba lagi, ada kalanya juga sudah masuk tampilan biasa atau jendela windows, namun semua aplikasi tidak bisa dibuka atau dijalankan untuk beberapa menit.

Nah berikut ini ada beberapa penyebab laptop atau komputer ngelag atau macet pada saat dihidupkan dan memberikan tips atau cara untuk mengatasi hal tersebut.

1. Startup

Siapa sangka ini adalah penyebab paling umum bagi yang mengalami laptop atau komppter macet pada saat dihidupkan. Yap... startup adalah program yang secara otomatis aktif atau berjalan bersamaan dengan di-loadnya OS windows, atau ada arti lain yaitu program yang berada dalam memory RAM selama komputer dalam keadaan on. Hal ini akan memberikan beban berlebih kepada RAM karena harus menjalankan load OS yang besar ditambah Startup yang berlebihan.

Cara mengatasi ini anda perlu mengurangi startup yang tidak penting.jika anda susah masuk kedalam jendela windows secara normal, anda bisa masuk melalui safe mode, untuk windows 7 pada saat anda menekan power untuk menghidupkan, tekan f8 berulang kali, maka akan ada pilihan muncul, pilih opsi safe mode.

Setalah masuk ke windows dalam safe mode, klik tomol start dan ketikkan msconfig, lalu tekan enter. Ini akan menampilkan windows system configuration. Kemudian pilih tab Startup. Nah disini coba anda perhatikan program mana yang tidak perlu dijalankan pada saat loading kompter, lalu hilangkan centangnya. Atau anda perlu tanpa ada hambatan saat loading komputer, silahkan disable all. Oia anda bisa melihat dan memanage Startup lewat Task Manager jika windows 8 dan 10.


Setelah langkah diatas selesai, lalukan restart komputer dan masuk melalui mode windows normal saja.

2. Komponen Hardware Kotor atau berdebu

Mungkin ini dianggap sepele, tapi percayalah hal ini juga mempengaruhi kinerja komputer pada saat dihidupkan, terutama jidak debu berada pada bagian yang sensitif seperti RAM, Processor, dan VGA.
Tentu cara mengatasi ini anda perlu membuka casing dan membersihkan debu-debu yang ada.

3. Karena RAM kurang mencukupi

Hal ini juga bisa menjadi biang kerok dari macetnya komputer pada saat dihidupkan, dan bagian ini juga berhubungan dengan penyebab no 1 yaitu Startup. RAM sedikit ditambah Startup banyak, yah gimana gak macet..
Hal yang anda harus lakukan jika RAM yang minim, anda pelu menambah RAM dengan membeli RAM 1 lagi jika  slot masih ada (ada 2) namun jika slot hnya satu anda beli RAM yang mencukupi dan lebih kalau bisa.

4. Komputer Terkena Virus

Virus... pasti anda mengenalnya bukan. Virus yang menyerang sistem akan membuat sistem bekerja lebih keras. Sehingga pada saat komputer baru dinyalakan. Virus-virus akan langsung bekerja dan membuat pekerjaan sistem sangat padat dan pastinya akan membebani RAM dan Hardisk juga, sehingga akan macet untuk beberapa menit bahkan bisa jam lo...

Baca Juga : 15 Antivirus Ini Menjadi Terbaik dan Paling Banyak Penggunanya

Jika penyebabnya adalah Virus, maka anda harus bersabar-sabarlah dahulu sampai sistem tidak macet, kemudian instal antivirus (kalau bisa yang pro gan, biar jos..). jangan jalankan aplikasi apapun. Lakukan pemindanya menyeluruh sistem sampai pada bagian registrinya.

Ketahui bahwa laptop atau pc yang sudah di kuasai ransomeware juga bisa menyebakan komputer atau laptop kamu juga sering ngelag dan macet-macet, solusinya kamu bisa cek apakah laptop kamu aman atau tidak dari ransomeware.

Baca : Mencegah , Mendeteksi dan Mengatasi Serangan Ransomware Dengan Benar 

5. Hardisk Bermasalah (Error / Bad Sector)

Hardisk yang bermasalah juga bisa menyebabkan komputer macet saat dihidupkan, itu mungkin bisa disebabkan Error atau Bad Sector. Ada juga karena banyak bagian hardisk datanya fragmented atau tidak teratur.


Untuk cara mengecek Bad Secktornya, masuk Ke Command Prompt Admin dengan cara klik kanan pada start, pilih Command Prompt Admin atau sekarang di windows 10 namanya Windows Powershell (admin), lalu ketik CHKDSK, kemudian tekan enter, jika ada pertnyaan enterkan saja. Tunggu proses selesai. Jika sudah selsesai anda perhatikan bad sector apakah 0 atau tidak, jika sudah ada angka selain diatas 0 maka hardisk anda bermasalah.

Nah jika mungkin penyebabnya adalah data hardisk  tidak teratur atau fragmented anda bisa menggunakan fitur Disk Defragmener yang disediakan oleh SO windows.

Sekianlah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop dan komputer macet saat dihidupkan, semoga pembahasan ini berguna bagi semuanya. 


EmoticonEmoticon