Friday, May 11, 2018

Cara Ampuh Membersihkan Virus Komputer Tanpa Instal Ulang

Pastinya teman-teman semua yang sedang membaca artikel ini sedang kesal atau frustasi terhadap virus-virus yang menggangu komputer dan laptop. Dimana hal ini bisa mengganggu kerja anda sekaligus juga kinerja komputer itu sendiri, terkadang  membersihkan virus pun bisa frustasi karena tidak dapat dibersihkan secara optimal, sehingga mengambil keputusan untuk menginstal ulang pc. hal ini sebenarnya bisa diatasi tanpa instal ulang.



Oleh karena itu beruntunglah anda masuk dan membaca artikel kali ini, karna pada pembahasa ini saya akan membagikan tips atau cara membersihkan virus komputer tanpa instal ulang pc anda.

tapi sebelumnya kita harus mengetahui jenis-jenis virus yang sering merayapi pc,


Link diatas adalah jenis-jenis virus yang banyak masuk ke pc-pc, lalu dari mana sumber-sumber virus tersebut bisa ada didalam atau masuk ke PC, berikut dibawah ini adalah sumber atau cara virus masuk kedalam pc anda:

1. Flasdisk / Hardisk External
Ini adalah sumber yang sangat rawan menjadi sumber perpindahan virus dari PC satu ke PC lainnya, karena sering asal mencolokkan flasdisk ke PC tanpa memperhatikan kondisi atau kebersihan Hardisk Ekt/FD tersebut dari Virus. 

2. Internet
Bagi anda sering menggunakan PC anda ke jaringan internet untuk browsing dan sejenisnya, perhatikan untuk tidak melakukan Download sembarangan, juga untuk membuka situs-situs yang tudaj terpercaya dan juga tidak asal membuka situs-situs dewasa. Hal ini karena dari internet adalah sumber virus Malware yang sangat banyak bertebaran. Untuk itu hati-hati lah menggunakan browser anda

3. Bluetooth.
bluetooth juga adalah media penyebaran virus, dengan cara menumpang file yang ditransfer melalui bluetooth

Diatas adalah sumber-sumber masuknya virus-virus masuk. cara mencegahnya tentu untuk memperhatikan

Baca Juga  Antivirus Free Terbaik dan Berkualitas

Dan dibawah adalah cara untuk menghapus virus dari komputer tanpa instal ulang, namun diengan menggunakan antivirus tentunya. Ada banyak antivirus gratisan yang bisa menghilangkan virus, tapi tidak menyeluruh atau total.


  1. langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload antivirus untuk malware, yang paling saya sarankan adalah Malwarebytes, silahkan anda download. kemudian salah satu antivirus total security, ini opsional bisa AVG, Avast , Aviara, atau bitdefender, tapi yang paling saya sarankan adalah Bitdefender, saya sendiri juga memakainya dan sangat-sangat baik dalam melakukan tugasnya.
  2. untuk langkah kedua, jangan jalankan aplikasi apapun, kemudian instal Malwarebytes, jika sudah selesai  lakukan full scanning.
  3. jika sudah melakukan full scanning, dan melakukan aksi jika ada kedetek malware. anda restart pc anda.
  4. kemudian instal antivurs total security dari salah satu yang saya sarankan, setelah selesai lakukan scanning full system, jangan jalankan apapun, biarkan dengan tenang pc anda di scanning oleh Antivirus. 
  5. lakukan aksi yang tidak beresiko dalam menangani virus-virus, jika perlu hapus saja jika file sudah terinfeksi firusnya, jangan memperbaiki karena virus bisa saja meninggalkan akarnya.
  6. setelah melakukan langkah kelima, restart kembali dan lakukan lagi langkah kelima.
jika kesemua langkah diatas dilakukan pastinya semua virus yang didalam pc anda akan clear. perlu untuk anda melakukan update selalu antivirus supaya databasenya selalu peka terhadap virus yang lebih membandel.

semoga pembahasan mengenai cara Membersihkan Virus Komputer Tanpa Instal Ulang bermanfaat.





EmoticonEmoticon