Wednesday, April 18, 2018

Tutorial Cara Membuat Penomoran BAB dan Sub Bab di Skripsi Dengan Benar

Cara membuat Penomoran BAB dan Sub bab pada Skripsi Tersusun Otomatis di Mikrosoft Word

Baik lah kali ini saya akan membagikan tutorial untuk anda tentang judul artikel ini yaitu cara membuat Bab dan subbab tersusun otomatis, dimana pembuatannya kita menggunakan Styles, dan multi Level List




Kedua menu tersebut berada pada tab Home seperti gambar diatas (lingkar merah adalah Multilevel list dan biru adalah bagian style", tujuan pembuatan ini yaitu selain untuk membantu merapikan suatu karya ilmiah atau sebagainya, juga bisa membantu mempercepat dalam proses pembuatan suatu karya ilmia dan membantu dalam pembuatan Daftar isi Otomatis nantinya, plus sebagai bekal ilmu untuk saya dan juga untuk anda dalam dunia Ms. Office.
Itulah sedikit pendahuluan...

Baca : Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Table Of Content di Word

Berikut langkah-langkahnya dalam pengaturan style dan Multielvel untuk BAB.

Untuk BAB atau judul bersar seperti Abstrak, kata pengantar atau daftar isi, kita bisa menggunakan Style Heading 1, atau anda buat sendiri style juga bisa tapi untuk sementara ini kita gunakan yang ada saja agar tidak ribet.


  • Langkah pertama : anda klik kanan pada heading 1, pilih “Modify” maka akan muncul jendela. Lalu kita atur format Fontnya, fontnya ialah “Times New Roman”, ukuran 12 dan bold. Untuk posisi Center (tengah), Line Spacing (jarak spasi) 2, dan warna font hitam (atomatis). seperti gambar dibawah jendelanya.

  • Langkah kedua : anda klik menu Multilevel Style, pilih bagian bawah “Define New Multilevel List”. Akan muncul jendela, dan anda klik tombol “More >>” bagian sudut kiri bawah. Tujuannya untuk menampilkan secara detail.
  • Langkah ketiga : berada pada jendel langkah 2, pilih “click level to modify” nomor 1, bagian “Enter formating for number” secara default berisi “1)” anda kosongkan dan ganti dengan “BAB”, selanjutnya bagian bawahnya ada “Number Style for this Level”, nah ini tergantung kesepakatan. Jika anda menulis bab dengan BAB 1 berarti “Number Style for this Level”,  ganti dengan angka tapi kalau penulisannya BAB I, berarti “Number Style for this Level” ganti dengan huruf romawi kapital.

  • Langkah keempat : klik menu “font”  sesuaikan dengan heading 1, bagian bawahnya ada bagian position, atur aligmentnya “centered” dan indent “0”. (ini tergantung anda). Dan pada bagian kanan atas ada “Link Level to Style” anda pilih “heading 1”.
Baca : Membuat Penomoran Halaman Skripsi Dengan Benar (Recomended)

Nah itu untuk BAB,  Berikut langkah-langkahnya dalam pengaturan style dan Multielvel untuk Sub BAB.

Untuk bagian subbab kita menggunakan heading 2, jika anda memiliki subbab didalam subbab (1.1.1) maka yang anda bisa ganti nama style yang ada menjadi heading 3, dan untuk settingannya untuk style antara heading heading 2 dan 3 adalah sama.

  • Langkah pertama : anda klik kanan pada heading 2, pilih “Modify” maka akan muncul jendela. Lalu kita atur format Fontnya, fontnya ialah “Times New Roman”, ukuran 12 dan bold. Untuk posisi Justify (rata kiri-kanan), Line Spacing (jarak spasi) 1.5, dan warna font hitam (atomatis), pada bagian bawah ada tombol format, klik dan pilih paragraf, dan pada bagian “spacing” set “brefore” menjadi 0.
  • Langkah kedua : anda klik menu Multilevel Style, pilih bagian bawah “Define New Multilevel List”. Akan muncul jendela, dan anda klik tombol “More >>” bagian sudut kiri bawah. Tujuannya untuk menampilkan secara detail.
  • Langkah ketiga : berada pada jendel langkah 2, pilih “click level to modify” nomor 2 (untuk subbab pertama, kalau untuk subbab kedua maka nomor 3), bagian “Enter formating for number” secara default berisi “a)” anda kosongkan dan klik atau pilih “Include Level Number From” yaitu “level1”, maka bagian “Enter formating for number” berisi angka 1, dan tambahkan titik ( . ) setalah angka 1 tersebut (jangan tambah sepasi) dan pilih “Number Style for This Level” (1,2,3). maka akan jadi 1.1
  • Langkah keempat : klik menu “font”  sesuaikan dengan heading 2, pada bagian bawahnya ada bagian position, atur aligmentnya “left” dan indent “1” dan alignet at “0” (ini tergantung anda). Dan pada bagian kanan atas ada “Link Level to Style” anda pilih “heading 2”.

Diatas adalah untuk memberikan settingan bagian Bab dan Subbab. Dan berikut langkah-langkah penggunaan Style tersebut untuk membentuk BAB dan Subbab yang teratur.


  • Sebelumnya ini adalah langkah jika anda sama sekali belum membuat apa-apa dalam lembar kerja Ms. Word.Langkah untuk BAB atau judul halaman, contohnya anda buat halaman ABSTRAK, anda ketik, lalu klik tulisan abstrak atau anda blok juga bisa, pilih heading 1, nah yang akan muncul seperti ini “BAB 1 ABSTRAK”. Cara menghilangkannya gampang, anda arahkan kursor anatara BAB 1 dan ABSTRAK, lalu hapus dengan tombol “backspace pada keyboard”. Dan rubah posisi berada ditengah (center). Begitu juga dengan Daftar Isi, Daftar Table, dll yang tidak membutuhkan “BAB”
  • Setalah judul-judul besar halaman diatas selesai, selanjutnya bagian BAB, dimulai BAB 1. Anda tuliskan judul bab 1 , biasa ialah “PENDAHULUAN”, lalu klik heading 1. Selesai. Tetapi tulisan BAB 1 PENDAHULUAN sejajar, anda hanya perlu mengarahkan kursor anatara BAB 1 dan PENDAHULUAN, lalu tekan “Shift+enter” pada keyboard (jangan hanya enter, karena akan merusak gabungan style antara bab 1 dan pendahuluan)
  • Selanjutnya anda akan menulis subbab, contoh subbab pertama biasanya “Latar Belakang”, seteah anda tulis, klik heading 2. Selesai. Begitu subbab seterusnya, anda tulis terlebih dahulu biar lebih baik, lalu klik headingnya.

Untuk bab 2 dan seterusnya, subbab akan secara otomaris mengikuti level BAB. Jadi anda tidak perlu lagi memberikan settingan untuk bab seterusnya.

Sekianlah tutorial membuat BAB dan Subbab tersusun ototmatis, terima kasih...


Tag : Daftar Isi , Penomoran Halaman , Penomoran Sub Bab 


EmoticonEmoticon