Tuesday, April 10, 2018

Tutorial Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Pada artikel kali ini saya akan mejelaskan bagamana sih membuat daftar pustaka secara otomatis, otomatis disini bukan berarti anda tinggal melongo kelayar monitor anda dan daftar pustakanya terbuat sendiri, tidak!!!. Otomatis disini ialah kita tidak perlu mengetik ulang daftar pustaka tersebut pada halaman daftar pustaka, dan apa bila anda mengupdate daftar pustaka atau menambahkan daftar pustaka didalam skripsi, jurnal atau sebagainya, anda hanya perlu melakukan UPDATE dihalaman daftar pustaka.

Untuk membuat daftar pustaka otomatis ini, saya menggunakan Aplikasi pembantu seperti “Mendeley”. Didalam aplikasi mendeley inilah nantinya sumber pustaka baik itu sebuah buku, jurnal, dan juga web atau situs web. 

  • Pertama sekali kita harus menginstal aplikasi mendeley terlebih dahulu,
  • Kemudian memasukkan sumber pustaka di dalam aplikasi mendeley, jika sumbernya adalah berbentuk jurnal, kita hanya perlu memasukkan file jurnal kedalam mendeley. Caranya ialah pada bagian tengah mendeley, klik kanan, add file, lalu pilih file jurnal yang menjadi sumber pustaka anda.
  • Diatas adalah cara memasukkan sumber pustaka jika memiliki file jurnal, kalau tidak memiliki file jurnalnya, pada bagian tengah mendeley, klik kanan, add entry manually. Pada bagian Type, kita memilih jurnal Artide, kemudian data-data dibawahnya isi sesuai dengan sumber pustaka anda. Kemudian klik save. 

  • Sama halnya jika sumbernya adalah dari sebuah web, pada bagian type kita memilih web page, bila buku maka bagian Type kita pilih buku dan isi data-data dibawahnya sesuai dengan sumber pustakanya.
  • Kemudian didalam Microsoft Word, pada menu “References” , pada tab “Mendeley Cite-O-Matic pilih “Insert Citation”, ketik huruf pertama judul pustaka yang telah dimasukkan kedalam aplikasi mendeley, kemudian klik sumbernya purtakanya, kemudian klik ok.
  • Setelah itu tetap pada menu References lalu pilih menu style pada tab Mendeley Cite-O-Matic, dan pilih “harvard references format”. 

Pada hal ini masih memasukkan sumber referensi didalam isi makalah, skripsi, atau jurnal dll, belum pada daftar pustaka. 

Semisal, didalam pada BAB 1 dibagian latar belakang skripsi anda memasukkan sumber pustaka.

Contohnya, Menurut buku (sumber putaka yang kita masukkan) tujuan pembuatan skripsi adalah..... Didalam kurung tersebut kita melakukan “Insert Citaion” tadi (perlu diingat nama sumber pustakanya, agar muda mencari dalam memilih untuk diinsert Citation). Begitu seterusnya pada sumber pstaka yang ingin kita masukkan, baik pada bab 1, 2 atau lainnya.

Setelah selasai, selanjutnya kita menuju pada halaman dimana daftar seluruh daftar pustaka akan kita tampilkan, tidak lain tidak bukan pastinya dihalaman daftar putsaka.

Pada Bagian halaman “Daftar Pustaka”, pada Tab “References” klik menu “Insert Bibliography”. Maka semua sumber pustaka yang anda masukkan didalam isi tadi akan ditampilkan pada halaman Daftar Pustaka secara rincih .

Dan apabila suatu saat kita melakukan editing pada bagian sumber psutaka, baik menambahkan sumber pustaka ataupun menghapus sumber pustaka, anda tinggal melakukan update aja, cara updatenya pada halaman daftar pustaka klik bagian bawah, lalu pada menu “References” klik lagi menu “Refresh ”. Clear kan..






EmoticonEmoticon