Tuesday, April 10, 2018

Mengenal Perulangan For, While, dan Do While

Pada artikel kali ini saya akan membagikan atau bisa juga menjelaskan tentang Mengenal Perulangan For, While, dan Do While, didalam program perintah perulangan sudah tidak asing lagi, karena semua bahasa program perlu adanya perulangan.

Masalahnya kita paham atau tidak cara menggunakan perintah perulangan didalam sebuah program? Atau kita tahu atau tidak apa saja bentuk perulangan, atau malah perulangan kita tidak mengerti apa maksudnya? Wah jika anak programer tidak tahu mengeia yang diatas, parah...

Baca Juga :  Contoh Program C++ Perulangan Sederhana (FOR, WHILE, DO WHILE)

Baik, perulangan yang banyak digunakan pada saat ini ada 3 yaitu Perulangan FOR, WHILE DAN DO WHILE, ada perulangan yang sering dipakai seperti FOREACH, namun tentang perulangan foreach saya akan bahas dilain waktu karena sesuai judul artikel ini yaitu Mengenal Struktu Perulangan For, While dan Do While, jadi kita fokus ketiga perulanagn tersebut.

Sebelumnya, pengertian perulangan atau loop dalam program adalah yaitu seuatu kondisi dimana kita memberikan perintah kepada sistem program untuk melakukan perulangan pada script/coding tertentu sebanyak yang kita tetapkan.

Tujuannya untuk apa dilakukan perulangan?

Ada banyak tujuan dilakukannya perulangan, ada untuk menampilkan bermacam bentuk deret bilangan, menampilkan data array, menjalankan ulang program, dan banyak lagi tergantung kasus program.

Contoh simpel bahwa perulangan itu sangat dibutuhkan: guru meminta kita untuk menampilkan deret bilangan ganjil dari 1 – 10, tentunya kita masih mudah untuk menampilkannya dengan semuanya kita ketik satu persatu dari keyboard (1,3,5,7,9) ke program, tapi bagaimana jika yang diminta dari 1 sampai 1000 atau 10000 atau 100000? Mau diketik satu persatu? Sampai kapan....

Langsung saja kita ke point pembahasan.

Pertama :

FOR

Perulangan for adalah perulangan yang counted loop yang artinya kita bisa menentukan jumlah perulangannya dan merupakan yang terpopuler menurut saya, karena pemahaman akan perulangan ini sangat gampang (seharusnya) dan penerapannya juga tidak ribet-ribet amat. Perulangan ini akan berhenti jika kondisi sudah terpenuhi.

Bentuk umunya seperti berikut :

For (kondisi_awal;kondisi_akhir;iterasi)

{

Pernyataan ;

}


Kondisi_awal (atau inisialisasi) : untuk menyatakan kondisi awal dari varible kontrol
Kondisi_akhir(syarat/kondisi): adalah pernyataan kondisi dimana perulangan akan berakhir
Iterasi : pengatur perubahan nilai varibale (bisa increment (++) atau decrement (- -))

Contohnya; kita akan menampilkan bilangan bulat dari 1 sampai 10
Disini kita harus menentukan variable kontrolnya agar perulangan for memahami maksud dan tujuan sekaligus mengenali siapa yang akan diulangnya.

Maka: variablenya kita buat saja “a” (bebas mau apa, nama anda juga bisa asalkan tidak mengandung simbol dan spasi)

For (a=1;a<=10;a++)
{
Cout<<a<< “ “;
}

Diatas adalah contoh dalam bahasa c++, untuk bahasa lain juga sama bentuknya, hanya perbedaan kata “cout” mungkin tidak sama, cout disini untuk mencetak, pada bahasa lain ada println, echo dan sebagainya.



Kedua :
While 

Perulangan while adalah perulangan yang termasuk Uncounted loop, karena biasanya perulangan ini digunakan untuk mengulang sesuatu yang belum jelas jumlah pengulangannya. Namun tetap perulangan while digunakan dalam bentuk counted loop sama seperti perulangan for. Pada perulangan while akan melakukan pengecekan kondisi terlebih dahulu, kemudian melakukan perulangan.

Bentuk dasarnya ;

While (kondisi)
{
Pernyataan;
}

Contohnya: kita ingin mengulang kata “program” sebanyak 10 kali ;

a=1
while (a<=10)
{
Cout<<”Program”;
a++;
}

Ketiga :
Do While

Perulangan do while sama dengan while yang juga tergolong uncounted loop, perbedaan antara while dan do while hanya pada bagian cara memulai pengulangan. Pada do while biasanya kondisi terletak pada bagian bawah yang artinya do while akan melakuan terlebih dahulu perulangan, kemudian akan membaca kondisi (syarat) untuk berakhirnya perulangan.

Bentuk dasarnya;

Do
{
Pernyataan;
}
While (kondisi);

Contohnya; kita ambil contoh seperti while

a=1
Do
{
Cout<<”Program”;
a++;
}
While (a<=10);

Bagaimana cobat? Paham? Untuk program, kita akan paham jika langsung mempraktekkannya dan melakukan perubahan-perubahan untuk bereksperimen agar kita mengetahui dan semakin memahami mengenai perulangan For, while dan do while.

Itulah sekilas pembahasan perulangan for,while dan do while. Terima kasih.


EmoticonEmoticon