Monday, March 27, 2017

Tipe Data Dalam Bahasa Pemograman C++

Tipe Data C++



Pada bahasa C++, dan juga dalam bahasa pemrograman yang lain. Semua variable yang akan digunakan dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu. Deklarasi dari variable mempunyai 2 tujuan, yaitu;

  •     Menentukan tipe data dan nama dari variable yang berguna bagi compiler untuk menterjemahkan perintah-perintah program dengan benar. Sebagai contoh perintah untuk menambahkan 2 nilai integer berbeda dengan perintah untuk menambahkan dua nilai float karena compiler harus mengetahui dengan benar tipe variable yang dipakai sehingga bisa menghasilkan perintah penjumlahan dengan benar.
  •      Memungkinkan compiler untuk menentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk variable-variable tersebut.
Setiap bahasa pemograman pasti memerlukan yang namanya Tipe Data dan juga tidak terkecuali C++. Pengetian Tipe Data menyiratkan suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel.
Diatas adalah pengertian secara umum mengenai tipe data, kalau pendapat saya mengenai tipe data ialah, jenis nilai yang ditampung dalam suatu vairable, agar nilai dalam suatu vaiable bisa dikenali dan dapat digunakan sesuai kebutuhannya.

Berikut adalah tipe data C++ yang umum bahkan sangat umum, karena sangat sering digunakan dalam  sebuah program.
Tipe
Jumlah Bit
Rentang Data
Keterangan
Char
8
-128 .. 127
Karakter
Int
16
-32768 .. 32767
Bilangan Bulat
Float
32
3.4e38 .. 3.4e+38
Bilangan pecahan presesi tunggal
Double
64
1.7e308 .. 1.7e+3.8
Bilangan pecahan presesi ganda
Void
0
-
Tak bertipe
                                                                                      tabel tipe data C++

Kelima tipe data diatas bukanlah keseluruhan tipe data yang ada dalam bahasa C++, ada beberapa lainnya seperti String, Long Blob, Long Int, dll
Demikianlah sekilas mengenai Tipe Data C++ yang digunakan dalam pemograman C++. Silahkan anda pahami dan aplikasikan dalam sebuah Program Tipe data C++ tersebut diatas..



EmoticonEmoticon